Kamis, 27 Oktober 2016

PROGRAM APLIKASI MICROSOFT WORD

Pengertian Microsoft Word 
Microsoft Word merupakan program pengolahan kata yang cukup lengkap dan lebih otomatis. Bahkan perintah dan fungsi yang disediakan oleh software ini menunjang berbagai keperluan mulai dari pengetikan atau penyusunan naskah biasa, laporan, surat kabar sampai dengan fax. 

a.      Cara memulai aplikasi Microsoft Word 
Ada babarapa langkah yang dapat kita lakukan untuk memulai program aplikasi Microsoft Word
Langkah-langkah : 
1.      Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows. 
2.      Setelah muncul tampilan menunya pilih program, kemudian Microsoft Office dan Pilih 
3.      Microsoft Office Word 2007/2010/2013 
4.      Muncul Gambar berikut:

 
b.      Bagian-bagian utama Layar Ms Word.
1.      Title Bar
Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum dirubah adalah Document1, Document2, dan seterusnya. Nama file akan berganti ketika kita melakukan proses penyimpanan.
2.      Office Button
Digunakan untuk membuat file baru, membuka file, menyimpan file, mencetak, dan keluar dari word
3.      Costomize Quick Access Toolbar
Digunakan untuk menampilkan ikon-ikon yang diinginkan untuk tampil pada taksbar, sebagai contoh jika kita klik icon open dan new document, akan muncul ikon tersebut pada taskbar sebagai tips, tampilkan kon yang sering anda gunakan untuk mempercepat pengerjaan.
4.      Tab Ribbon
Deretan menu utama untuk mengakses beberapa fungsi yang terdiri dari beberapa grup, masing-masing grup dikelompokan sesuai fungsinya masing-masing.
5.      Group
Perintah yang memiliki kesamaan fungsi dikumpulkan disini. Perintah-perintah tersebut di tandai dengan gambar atau icon.
6.      Scroll
Untuk menggulung lembar kerja secara vertikal dan horizontal.
7.      View Mode
Untuk mengatur mode tampilan yang terdiri dari print layout, web layout, outline dan draft.
8.      Zoom Slider
Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan kerja.
9.      Status Bar
Terletak dibawah Ms Word, status bar berguna untuk menampilkan keterangan tentang keadaan dokumen yang sedang aktif.
10.  Ruler Line
Yaitu sebarisan angka-angka yang berada pada bagian kiri dan atas, atau dikenal dengan istilah mistar.
Ruler sangat berguna untuk mengontrol jarak secara vertikal maupun horizontal. Secara default ruler memakai Inchi, namun kita dapat menggantinya dengan memakai satuan Centimeter.
11.  Kursor
Kursor atau insertion Point merupakan indikator tempat dimana teks akan muncul jika kita akan mengetik. Posisi ini perlu diperhatikan karena Ms Word menggunakannya sebagai dasar dalam melakukan suatu pekerjaan yang kita perintahkan.

c.    Menyimpan Dokumen
Untuk menyimpan dokumen klik office button kemudian pilih Save atau klik icon save yang berada pada toolbar, kemudian Pilihlah lokasi file (directory) atau folder pada bagian Save in, kemudian ketiklah nama file pada bagian File name, kemudian tombol Save.
d.     Menutup Dokumen
Bila sudah selesai mengerjakan suatu dokumen dan sudah selesai menyimpannya, mungkin perlu menutup dokumen dan setelah itu mengerjakan dokumen lain. Klik office button dan pilih Close. Atau dengan cara klik tanda silang “X” yang berada pada pojok kanan aplikasi Ms Word.
e.      Membuka Dokumen
Untuk membuka dokumen klik office button dan pilih Open, Carilah directory dan Folder Yang menampung file yang akan dibuka pada bagian Look in lalu klik file yang akan dibuka kemudian tekan Open maka file anda akan ditampilkan dilayar Word.
f.      Memperbaiki Teks
Ketika suatu dokumen dibuat, seringkali perlu memindahkan titik sisip untuk menambah atau menghapus teks di lokasi yang berada. Geser pointer mouse yang berbentuk I-beam ke posisi yang anda kehendaki pada area teks dan klik mouse. Jika posisi yang anda tuju tidak tampak, perlu menggulung kelokasi yang diinginkan, gunakan panah atas dan bawah untuk naik atau turun satu baris. Selanjutnya silahkan anda perbaiki sendiri teks yang akan anda perbaiki.


Sumber: Modul LPK Budi Utomo

0 komentar:

Posting Komentar